Zuhud Dari Dunia

Posted on July 31,. Filed under: Sufi | Tags: , , , , , , |


Zuhud tidak berarti harus menjadi seorang yang miskin tidak berharta. Karena hakekat zuhud yang sebenarnya adalah terletak di dalam hati.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar sebuah kata yang bernama, “zuhud”. Mungkin yang terlintas dalam pikiran kita adalah kehidupan yang jauh dari harta atau dunia. Atau kita membayangkan tentang seseorang yang hidup jauh dari keramaian dan hiruk pikuknya dunia, diam menyendiri dan menyepi di tempat-tempat yang jarang dijamah oleh manusia.

Padahal kehidupan seperti itu belum tentu dinamakan sebagai “zuhud’. Dan belum tentu kehidupan yang dekat dengan kemewahan dunia bisa diartikan jauh dari sifat zuhud.

Arti zuhud yang sebenarnya adalah ketika keadaan jiwa yang kosong dari rasa memiliki dan ambisi untuk menguasai sesuatu, terutama yang berhubungan erat dengan yang namanya harta duniawi. Harta yang dimilikinya bukan dijadikan sebagai ajang pamer pada orang lain dan menyombongkan diri. Tetapi semata-mata digunakan sebagai sarana untuk beribadah kepada Allah Subhanahu wata’ala. Dijadikannya sebagai jembatan untuk menyeberang ke kampung akhirat. Sebagai bekal untuk meraih kebahagiaan disisiNya. Karena di dalam kalbunya terpatri kuat bahwa harta yang dimilikinya hanyalah sebuah pinjaman sementara.

Oleh karena itu, orang yang zuhud, tiaklah merasa senang dengan apa yang ia peroleh dengan hartanya, ia menganggap harta yang didapatkannya itu adalah sebagai beban yang suatu saat nanti harus dipertanggungjawabkan sehingga ia tidak pernah merasa bersedih sedikitpun ketika harta yang dimilikinya lepas dari dirinya.

Dengan menjaga jarak dari dunia dalam kezuhudannya, seseorang akan merasa lebih mencintai terhadap sesamanya, ia senantiasa terbebas dari sifat iri dan dengki apalagi sifat hasud. Sifat yang mungkin dapat mengakibatkan hati menjadi sakit dan menderita. Dan sifat-sifat buruk lainnya yang mungkin saja timbul akibat merasa tertekan dengan kesuksesan yang diraih oleh orang lain.

Orang yang zuhud (muzahid) bukanlah orang yang sepenuhnya meninggalkan harta kekayaan dan kemewahan dunia. Bila motivasi dari prilaku tersebut hanyalah sebagai untuk mendapatkan pujian dan sanjungan dari orang lain, itu bukanlah zuhud namanya, karena seorang yang zuhud memiliki 3 ciri dalam dirinya, diantaranya adalah :

1. Tidak pernah merasa bangga terhadap sesuatu yang dimilikinya dan tidak pernah pula bersedih dikala kehilangan nikmat itu dari tangannya.
2. Tidak pernah merasa bangga dan gembira mendengar pujian dari orang lain. dan juga tidak pernah merasa sedih apalagi marah jika dirinya mendengar cercaan dan hinaan dari orang lain.
3. Selalu mengutamakan kecintaannya kepada Allah dan memalingkan cintanya kepada selainNya.

Sahabatku semua, Hidup ini adalah ujian. hanya orang-orang yang yang benar-benar teguh imannya yang dapat melewati ujian dengan baik. Mereka adalah orang-orang yang tidak tertipu oleh kilauan nikmat dunia yang menggoda. Dan mereka adalah orang-orang yang memahami hakikat dunia ini sesuai dengan apa yang sudah diajarkan oleh Allah dan RasulNya. Mereka memandang dunia dan seisinya tak lebih dari sebuah permainan yang sering melalaikan.
Mereka tidaklah berbangga diri dan sombong dengan harta kekayaannya. Maka jika di dalam dirinya telah tertanam sifat-sifat yang isebutkan diatas, merekalah yang layak disebut sebagai “Zuhud”

Make a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

2 Responses to “Zuhud Dari Dunia”

RSS Feed for Titian Ilahi Comments RSS Feed

semoga kita tidak termasuk dalam golongan nya..

makasih artikelnya…


Where's The Comment Form?

Liked it here?
Why not try sites on the blogroll...

%d bloggers like this: